tni berusaha sama dengan empat pengusaha dealer jasa telekomunikasi (provider) agar melayani pesan singkat (sms) gateaway pengaduan dan catatan warga melalui kode akses 1978 dengan mudah dan bersegeralah.
inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama mengenai layanan sms gateway melalui empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, dan pt xl axiata tbk) di aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.
layanan sms gateway dengan kode akses 1978 merupakan upaya pelayanan pengaduan penduduk (dumas) mengenai kinerja tni.
dengan keberadaan sistem masih tersebut, diinginkan masyarakat mampu melaporkan setiap aksi prajurit tni yang melanggar ketentuan berlaku.
Informasi Lainnya:
- Membuat Desain Rumah
- Bisnis Produk Oriflame
- Mengatasi Jerawat Dengan Sayuran
- Cara Sehat Mengatasi Jerawat
inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, mengatakan, layanan sms ini dijadikan jenis kepedulian tni pada upaya menghindari juga meminimalisir kemungkinan keberadaan penyimpangan / pelanggaran pada penyelenggaraan tugas pokok tni, juga realisasi komitmen tni dalam upaya mewujudkan transparansi dan reformasi birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan dan bersih serta baik (clean government and good governance).
sistem ini ingin memantau setiap aksi prajurit tni dan melanggar ketentuan dan berlaku, ujarnya seraya menyampaikan keempat provider mau mampu mentransfer info dari masyarakat ke server milik tni.
kami bertujuan untuk membuka akses kontrol sosial. setiap permasalahan yang ditampilkan selama luar juga dilaporkan masyarakat, hendak kami bahas serta dipastikan ingin diselesaikan berdasarkan kebenaran, kata geerhan.
menurut dia, panglima tni sangat konsern menuntaskan suatu permasalahan dan terjadi yang menyertakan anggotanya. penyampaian Informasi yang seorang juga amat diperlukan untuk menuntaskan suatu permasalahan.
irjen tni menambahkan, layanan ini juga untuk memberdayakan masyarakat selama rangka ikut juga menciptakan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme tergolong tni bisa meningkatkan pelaksanaan tugasnya pas dengan harapan warga.
geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya bisa menampung ada partisipasi penduduk di rangka pengawasan pada kinerja tni dengan khusus. mou itu sendiri hendak berlaku selama tiga tahun agar kemudian diperbaharui pas melalui perkembangan teknologi.
adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi penduduk melalui pesan pendek antara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni dengan nomor 1978. lalu, operator melayani pesan pendek dari pengirim dan meneruskannya di jenis data ke aplikasi server tni yang diakses dengan internet.
selanjutnya server tni menerima data juga masuk ke pada aplikasi server tni. tarif biaya dan digunakan adalah sama melalui tarif pesan pendek biasa pas melalui tarif normal. maka, tak usah sungkan-sungkan supaya mengkritik kinerja tni, ujarnya.